Senin, 23 Mei 2016

Sebelum fajar menyinsing

Sore itu bang abdul tak kunjung tiba di tepi pantai. Isterinya yang selalu setia menanti seperti hari-hari biasa. Dengan hati yang gelisah aminah bergegas pulang seraya berharap suaminya telah tiba di rumah. Aminah bertanya pada anaknya, dimana ayahmu hasbi ? ayah belum pulang bu, bukankah ibu yang selalu menanti kepulangan ayah?. Malam itu suasana rumah aminah tak tenang dalam keresahan yang tak menentu. Keesokan hari aminah mendapat kabar dari pawang laut bahwa suaminya telah tiada. Badai besar menenggelamkan perahu suami aminah. Dengan sabar menahan kepergian suaminya untuk selamanya. Suasana duka menyelimuti keluarga almarhum pak abdul.
Sebelum fajar menyinsing bersautan ayam berkokok, hasbi bergegas pergi ke kampus dengan sepeda ontel tua peninggalan orangtuanya. Perjalanan dari desa yang jauh dengan kucuran keringat  tak menyurutkan niatnya untuk sampai kekota Johan pahlawan. Hari itu juga hasbi mendaftar ke salah satu fakultas. Dengan melewati proses seleksi ujian masuk perguruan tinggi, hasbi melakukan berbagai upaya dan usaha belajar untuk lulus. Hasbi yang bercita-cita ingin menjadi seorang ahli komunikasi dan  penulis. Beberapa minggu kemudian diumumkan kelulusan ternyata hasbi lulus di fakultas yang ia cita-citakan. Alhamdulillah seraya mengucap syukur pada sang pencipta, tidak sia-sia dengan usaha yang telah ia lakukan selama ini.
Perjalanan hasbi sebagai mahasiswa, yang aktif dalam akademik dan organisasi kampus membawa ia menjadi seorang intelektual. Di kampus hasbi dikenal sebagai mahasiswa yang berprestasi, juga memiliki komunikasi yang baik, ramah, cerdas dan memiliki wajah yang tampan. Berawal  dari hobi membaca, membuat hasbi timbul inspirasi untuk menulis kisah kehidupannya, didalam buku saku yang selalu ia bawa. Seiring perjalanan waktu hasbi sering menulis artikel, opini dan cerpen di majalah dinding dan tabloid kampus. Dengan cerita yang menarik untuk di baca, membuat hasbi dikenal dan menjadi idola kampus. Disamping itu ia memanfaatkan waktu istirahat untuk berjualan makanan ringan untuk mencukupi biaya perkuliahan. Doa dan keyakinan yang tinggi menjadi sebuah motivasi didalam dirinya, untuk mencapai kesuksesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar